29 Mobil baru Dapat Insentif PPnBM DTP

29 Mobil baru Dapat Insentif PPnBM DTP

29 Mobil baru Dapat Insentif PPnBM DTP

TANGERANG SELATAN, BFI News – Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 31/2021 memperluas Jenis kendaraan yang akan diberikan insentif PPnBM Ditanggung Pemerintah, karenanya 29 model mobil baru ditetapkan bisa mendapatkan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP) pada tahun 2021 ini. Jumlah itu bertambah dari sebelumnya 21 model mobil.

Adapun daftar 29 tipe mobil tersebut tercantum dalam lampiran Keputusan Menteri Perindustrian (Kemenperin) No. 839/2021. Keputusan yang ditetapkan dan berlaku mulai 1 April 2021 ini mencabut Keputusan Menteri Perindustrian No.169/2021.

"Menetapkan kendaraan bermotor yang dapat memperoleh PPnBM atas penyerahan barang kena pajak yang tergolong barang mewah yang ditanggung oleh pemerintah pada tahun anggaran 2021 sebagaimana tercantum dalam Lampiran I ..." bunyi penggalan Diktum Kesatu, dikutip pada jumat (09/04/2021).

Berdasarkan pada lampiran beleid tersebut, kendaraan bermotor yang mendapatkan fasilitas PPnBM DTP antara lain semua varian model :  

  1.          Toyota Yaris,
  2.          Toyota Vios,
  3.          Toyota Sienta,
  4.          Toyota Innova 2.0,
  5.          Toyota Innova 2.4,
  6.          Toyota Fortuner 2.4 4x2,
  7.          Toyota Fortuner 2.4 4x4,
  8.           Daihatsu Xenia,
  9.           Toyota Avanza
  10.            Daihatsu Grand Max,
  11.            Daihatsu Luxio,
  12.            Daihatsu Terios,
  13.            Toyota Rush,
  14.            Toyota Raize,
  15.            Daihatsu Rocky,
  16.            Mitsubishi Xpander,
  17.            Mitsubishi Xpander Cross,
  18.            Nissan Livina,
  19.            Honda Brio Rs,
  20.            Honda Mobilio,
  21.            Honda BR-V,
  22.            Honda CRV 1.5T,
  23.            Honda HR-V 1.5L,
  24.            Honda HR-V 1.8L,
  25.            Honda CRV 2.0 CVT,
  26.            Honda City Hatchback,
  27.            Suzuki New Ertiga,
  28.            Suzuki XL 7, dan
  29.            Wuling Confero.

Sebanyak 29 kendaraan yang tercantum pada lampiran itu diproduksi 6 perusahaan, yakni PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia, PT Honda Prospect Motor, PT Suzuki Motor Indonesia, dan PT SGMW Motor Indonesia.

Selaku produsen dari 29 mobil tersebut, keenam perusahaan tersebut wajib menyampaikan rencana pembelian lokal atau local purchase pada 2021 dan menyampaikan surat pemanfaatan hasil local purchase dalam kegiatan produksi kepada Ditjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronik (ILMATE) Kemenperin.

Tidak hanya itu, pabrikan juga diwajibkan untuk menyampaikan faktur pajak, laporan realisasi PPnBM DTP, kinerja penjualan triwulan kepada Ditjen ILMATE Kemenperin dan di laporkan melalui Surat Pemberitahuan atau SPT masa PPN.

"Dirjen ILMATE melakukan pengawasan dan evaluasi atas realisasi rencana pembelian lokal (local purchase) sebagaimana dimaksud dalam Diktum Keempat," bunyi Diktum Keenam Kepmenperin tersebut.

Bila hasil pengawasan dan evaluasi menunjukkan adanya ketidaksesuaian dalam pelaksanaan local purchase, Ditjen ILMATE mendapatkan mandat untuk mengusulkan pengenaan sanksi administratif atau menghapus kendaraan bermotor yang tidak memenuhi ketentuan local purchase dari Lampiran I.

Pengenaan PPnBM yang telah dilaksanakan berdasarkan pada PMK 20/2021 berlaku bagi kendaraan bermotor sebagaimana telah ditetapkan dalam  Keputusan Menteri Perindustrian No.169/2021. (alt)

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar